Monday, January 19, 2009

Prinsip-Prinsip Motivasi

Malam ini kang paryo mau berbagi ilmu tentang prinsip - prinsip motivasi. Waktu itu kang paryo bertemu dengan seorang karyawan pabrik garment,yang mampir ngopi di wedangan sambil ngobrol tentang pekerjaanya di pabrik yang menuntutnya untuk bisa memberikan motivasi kepada para operator agar dapat bekerja secara efektif dan efisien untuk dapat menaikan productifity. Dia mengambil ilmu dari prinsip-prinsip motivasi karya Mr.Lincoln,diantaranya adalah sebagai berikut :
1. TANTANGLAH KEMAMPUAN PEKERJA.
Berilah dia sesuatu yang melebihi kemampuanya sekarang ditambah tuntutan keras untuk mencapainya. Tempatkanlah dia dalam persaingan dengan rekan sekerjanya untuk melihat mana yang terbaik. Berilah dia kesempatan untuk mengalahkan yang terbaik. Dengan kata lain berilah tantangan perorangan.

2. BUATLAH PARA PEKERJA TAHU BAHWA TIDAK ADA BATAS BAGI KEMAMPUAN MEREKA KECUALI YANG MEREKA BUAT SENDIRI.
Jesse Owens tidak memecahkan rekor dunia lompat jauh pada percobaan yang pertama. Dia tidak akan mendekati prestasi terbaiknya kalau saja dia tidak mencoba dan mencoba terus semua yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dia telah menantang kemampuanya dan dia meningkatkannya. Semua kemampuan terbentuk dengan cara yang sama.

3. BUATLAH SEMUA ORANG TAHU BAHWA PENINGKATAN KEDUDUKAN DI PERUSAHAAN BERAWAL DARI DALAM DAN PENINGKATAN INI SEPENUHNYA HANYA TERGANTUNG PADA KEMAMPUAN MEREKA YANG TERPILIH UNTUK NAIK JENJANG DIBANDINGKAN SEMUA YANG LAIN.

4. GUNAKANLAH TEKANAN UNTUK BERKEMBANG PADA DIRI SENDIRI SEHINGGA KEMAMPUAN ANDA UNTUK MENJADI PEMIMPIN YANG HEBAT MENINGKAT.
Berharaplah selalu akan sesuatu yang tidak mungkin dari diri anda sendiri maupun dari orang-orang di sekitar anda. Anda akan sering berhasil mencapai sesuatu yang tidak mungkin hanya bila anda mau menantang diri sendiri.

Semoga bagi para industrialis dapat menemukan solusi dalam menciptakan suatu pekerjaan dimana para pekerja akan bangga dengan kemampuanya dan ingin meningkatkan kemampuanya tersebut.

No comments:

SentraClix
SentraClix