Wednesday, November 12, 2008

Strategi dan Action Dalam Bekerja

Kita sadari bahwa strategi dan rencana bisa berbeda dengan kenyataan dan action di lapangan. Tidak semua hal bisa kita rencanakan, prediksi dan antisipasi. Ada hal-hal yang tidak disangka-sangka, seperti pesatnya perkembangan atau sebaliknya kekacauan, baik dalam hal poleksosbudhankam, komitmen maupun kompetensi, sehingga bisa saja jalan bisnis jadi tidak smooth atau bahkan macet total untuk sementara waktu.

Hal ini terkadang bisa membuat semangat merencana kemudian mengempis ketika kita mengimplementasi. Kenyataan seperti ini sering menyebabkan banyak orang lemas sebelum berperang dan sebelum berstrategi. Sering muncul didalam benak, Theory is one thing, but putting it into practise is another.

Berstrategi memang mutlak diperlukan, namun tidak boleh sampai menghambat kita untuk bergerak melakukan action nyata dan segera. Seperti kata founder Yahoo! "yang penting masuk dulu, jangan takut memasuki situasi yang tidak jelas, maju terus, tangkap-gali-selami kesempatan, dan jaga energi sampai akhir.

No comments:

SentraClix
SentraClix